Post Top Ad

Artikel

Pleci

LINGKUNGAN

Post Top Ad

Cendet merupakan salah satu burung kicau yang memiliki suara kicau yang indah dan bervariasai. Cendet sendiri dikenal dengan nama lain burung pentet atau toet ini bersifat teritorial dan cenderung galak. Maka tak jarang jika kita hendak memegang cendet/pentet yang liar, maka bisa-bisa tangan kita dipatuknya. Tetapi jika kita memelihara cendet sedari piyikan/anakan, maka sifat galaknya akan hilang. Bahkan cendet akan lenjeh jika melihat kita. (Baca juga : Cara Membuat Agar Cendet Bakalan Mau Makan Voer)

Tetapi tahukah anda, di balik karakter dan sifatnya yang giras dan galak, cendet menyimpan pesona menawan yaitu pada suara kicauannya. Cendet/pentet memiliki suara pekikan yang melengking tajam dan nyanyiannya bervariastif yang mencakup nada-nada harmonis. Bagi Cendeters kawakan untuk mengetahui burung cendet jantan tidaklah sulit karena pengalaman, Sedangkan untuk pemula mungkin akan mengalami hambatan atau bingung bila harus memilih bakalan maupun burung ombyokan dipasar. Khusus bagi yang masih pemula, kali ini saya akan berbagi catatan tentang Jenis Kelamin Burung Cendet berdasarkan fisiknya. (Baca juga :Cara Memilih Burung Cendet Bakalan Yang Prospek)

Cendet Jantan Vs Betina 

dibawah ini adalah ciri fisik membedakan cendet jantan betina yang sudah dewasa/muda hutan :

CIRI-CIRI CENDET JANTAN
  • Bulu berwarna hitam pada bagian pipi cendet jantan terlihat hitam mencolok/lugas.
  • Bentuk kepala cendet jantan terlihat lebih datar/ceper. 
  • Pada bagian ekor, cendet jantan memiliki warna hitam yang lugas.
  • Pada bagian supit, cendet jantan memiliki bentuk supit yang kecil dan panjang, dan motif garis bulunya tidak beraturan.
  • Paruh atas melengkung kebawah seperti paruh betet, sedangkan paruh bawah lurus.
  • Sedangkan dari prilaku, biasanya burung cendet jantan lebih agresif, lebih rakus makannya, dan berdiri diantara burung cendet lainnya akan tampak lebih gagah dan tegap.

CIRI-CIRI CENDET BETINA
  • Bulu berwarna hitam pada bagian cendet betina terlihat semu/tidak terlalu lugas.
  • Bentuk kepala cendet betina terlihat bulat/menggelembung.
  • Pada bagian ekor, cendet betina memiliki warna hitam yang kurang lugas/semu.
  • Pada bagian supit, cendet betina memiliki bentuk supit yang besar dengan motif bulu garis teratur yang menyerupai kembang/bunga.
  • Paruh lebih tipis daripada jantan.

untuk membedakan cendet yang masih trotol ataupun masih anakan (lolohan) kita bisa perhatikan bagian dalam sayapnya, ada bagian warna putih yang membedakan. bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.

Cendet Trotol Jantan

Cendet Trotol Jantan Vs Betina
dari gambar diatas, bisa kita pastikan cendet trotol yang warna putihnya lebih banyak dan bersih adalah jantan, sedangkan yang warna putihnya sedikit dan agak semu kurang bersih adalah betina. (Baca juga: Problem Dan Cara Mengatasi Cendet / Pentet Dewasa Yang Miyik - Mbayi)

Baca terus postingan menarik dari Koran Burung.
Tetap jadikan Koran Burung inspirasi Kicau Mania Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad